Tips-tips Membeli Domain dan Hosting

Di internet dan juga blogging kalian pasti sering mendengar istilah domain dan hosting. Kalian sendiri apakah tahu arti dari domain dan hosting? Domain dan hosting saling berkaitan satu sama lain. Domain sendiri merupakan sebuah nama atau alamat yang digunakan untuk mengunjungi suatu website di internet, misalnya adalah facebook.com. Sedangkan hosting adalah letak dimana website dan domain berada.

Domain biasanya memberikan kemudahan kepada para pengakses untuk melakukan kunjungan ke server dan juga dapat dipakai dalam memudahkan pengguna untuk mengingat server mana yang telah dipakai. Dalam domain, ada beberapa level yang ada diantaranya adalah :

1. Top Level Domain (TLD)

Yaitu kata yang terletak di belakang nama domain contohnya .com, .gov, .info dan lain sebagainya

TLD ada 2 macamnya yaitu gTLD yang merupakan singkatan dari Global Top Level Domain. Kemudian ada ccTLD yaitu Country Code Top Level Domain, TLD ini merupakan suatu kode yang digunakan untuk tiap-tiap negara misalnya Indonesia seperti kode (.id).

2 . Second Level Domain (SLD)

SLD adalah domain yang telah kalian buat. Seperti alamat domain yang kalian daftar contohnya pensilkita.com, maka SLDnya adalah domainku dan TLDnya adalah .com

3. Third Level Domain

Contoh dari third level domain yaitu ketika kalian punya nama domain, seperti pensilkita.com, Anda dapat membubuhkan kata lain sebelum kata pensilkita, yaitu mail.pensilkita.com.

Tak kalah dari domain, hosting juga  memiliki fungsi yang digunakan sebagai fungsi penyimpanan seperti web, email, serta file lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai spesifikasi pada hosting, yaitu:

1. Kapasitas Hosting

Ukuran hosting biasanya berupa Megabytes, Gigabytes dan Terabytes. Ini adalah data yang dapat di letakkan pada hosting.

2. Bandwidth

Ini merupakan besarnya kuota data yang di transfer per bulannya. Ukuran dari bandwidth sama seperti kapasitas hosting, yaitu Megabytes, Gigabytes dan Terabytes.

Pada dasarnya domain dan hosting dapat membantu untuk mengakses website dari internet dan berkomunikasi melalui email. Web hosting juga memiliki fungsi untuk menyimpan file website dan email. Dan begitu pula dengan nama domain yang berguna sebagai alamat dari alamat email. Namun apakah kalian tahu jika domain dan hosting bisa di perjual belikan ? berikut tips-tips untuk membeli domain dan hosting

Domain

– Pilihlah nama domain yang singkat dan tidak terlalu panjang

– Carilah nama domain yang mudah di ingat, di cari dan mudah di ucap.

– Pilihlah domain sesuai dengan kebutuhan seperti situs bisnis usaha Indonesia yang menggunakan ekstensi .co.id

Hosting

– Pilih hosting berdasarkan target pengunjung dan juga besarnya kapasitas

– Pilihlah hosting dengan kapasitas yang memadai. Jangan pilih hosting dengan kapasitas yang kecil, karena akan menyebabkan masalah dalam mengupload.

– apabila membutuhkan hosting dengan kapasitas yang besar untuk email, sebaiknya pilihlah paket email hosting.

Untuk kalian yang akan membeli domain dan hosting harus bisa browsing di internet dan harus mempunyai alamat email dan juga bisa menggunakan alamat email. Mengapa itu penting untuk di kuasai? Ya karena domain dan hosting memang tak bisa jauh dari internet dan juga email. Maka di haruskan untuk menguasai itu.

Cara Membeli Domain

Karena tadi kita telah membahas tips-tips dalam membeli domain dan hosting, kini kita akan membahas cara membeli domain.

1 . Bukalah website yang menyediakan layanan domain dan hosting

2 . Setelah mengunjungi website yang ada, periksa nama domain apakah masih tersedia atau tidak domain  yang di cari.

  1. Jika domain yang kalian cari tersedia, maka akan muncul kalimat “ Domain Exist”

4 . Selanjutnya login dengan menggunakan akun di Idwebhost

  1. Setelah itu, kalian di minta memilih metode pembayaran. Metode pembayaran bisa di lakukan dengan menggunakan paypal atau transfer bank. Tetapi di sarankan untuk memilih metode pembayaran dengan menggunakan transfer bank, karena akan lebih cepat di proses.
  2. Setelah kalian mentransfer, segera hubungi contact service untuk melakukan verifikasi.

Cara Membeli Hosting

Sebenarnya cara membeli hosting tidak jauh beda caranya dengan membeli domain. Bedanya hanya pada langkah pertama, yaitu kalian tidak harus melakukan pencarian domain. Kalian hanya perlu klik menu Web Hosting kemudian pilihlah sesuai dengan yang kalian inginkan. Setelah mendapatkan yang sesuai dengan keinginan, kalian bisa klik Order Now.

Setelah itu kalian akan mengunjungi halaman registrasi paket web hosting. Kemudian langkah berikutnya adalah mengisi nama domain kalian dan klik cek. Setelah muncul pemberitahuan domain telah tersedia lalu kalian dapat klik lanjutkan. Setelah itu kalian akan berada di halaman order

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan, apa tips tips untuk membeli domain dan hosting, dan bagaimana cara membeli domain dan hosting. Selamat mencoba.